catatan 15 : Sejenak bermain di pulau penyu

halo.. jumpa lagi dengan saya..

Memang sih, saya cukup lama tidak menuliskan catatan perjalanan saya di blog tulisan saya ini.. Nah untuk mengobati kerinduan saya untuk menulis, kali ini saya akan kembali sejenak menceritakan perjalanan langkah saya.

Oke, kali ini langkah kaki saya membawa saya ke pantai yang kurang lebih berjarak sekitar 11 kilometer dari Bandara Ngurah Rai, Bali. Namanya adalah Pantai Tanjung Benoa.

Setelah menempuh perjalanan kira-kira 1 jam, akhirnya saya bersama rombongan sampai di Pantai Tanjung Benoa. Setelah memutar mencari tempat parkir, akhirnya saya turun dari mobil sewaan yang mengantarkan kami penginapan kami di daerah kuta. Setelah turun dari mobil, hal pertama yang saya lihat adalah banyaknya wahana wisata air (watersport) yang disewakan di sana. Sayapun kemudian berjalan ke salah satu tempat yang terlihat seperti rumah pantai. Didalamnya saya bertemu dengan seorang bapak yang menjadi pengelola wahana wisata di situ. Kamipun kemudian disodori buku yang di dalamnya berisi menu wahana wisata yang disewakan bagi pengunjung di situ. Setelah melihat-lihat (dan menghitung-hitung uang yang ada di kantong kami) maka kamipun kemudian memilih untuk mencoba wisata perjalanan ke pulau penyu.

Setelah deal mengenai biaya perjalanan dengan pengelola wisata, kamipun bertiga menunggu datangnya perahu yang akan mengantarkan kami menuju pulau penyu. Tak lama kami menunggu, kemudian perahu tersebut menepi untuk menjemput kami. Perahu yang membawa kami tersebut adalah perahu nelayan yang pada bagian bawahnya terdapat kaca transparan sehingga kami dapat melihat ikan-ikan yang berenang renang di bawah perahu. Perjalanan dimulai… kami melewati dermaga pantai tanjung benoa yang berisi wahana wisata air serta perahu – perahu lainnya. Kira-kira setelah 10 atau 15 menit perjalanan kemudian kami tiba di suatu titik (spot) daerah yang ramai didatangi perahu-perahu yang sama seperti perahu yang membawa kami. Perahu pun berhenti, kemudian bapak pengemudi perahu membagikan beberapa lembar roti tawar kepada kami. Ternyata tempat (titik) tersebut merupakan tempat berkumpumpulnya ikan-ikan laut hias.. yah, bisa dibilang markas nya mereka lah.. hehe…. Kamipun kemudian ikutan melemparkan remahan roti tawar ke bawah.

Kira-kira sekitar 10 menit kami berhenti di situ, perahu kamipun kembali dinyalakan dan melanjtkan perjalanan ke pulau penyu. Tak lama kemudian kami tiba di pulau penyu itu.

 

penyu 1

Kamipun lalu membeli tiket masuk sebesar 5000 rupiah per pengunjung. Setelah melalui loket tiket, kemudian saya berjalan ke arah dalam. di dalam lokasi pulau penyu tersebut terdapat beberapa kandang penamgkaran penyu. Di setiap kandangnya terdapat penyu-penyu yang dibagi berdasarkan kategori usia. Di setiap kandangnya  terdapat beberapa ekor penyu. dan sayapun mencoba untuk memegang penyu yang terlihat sudah lumayan berusia di situ. Selain penyu di sebelah kanan menuju ke arah jalan keluar juga terdapat kandang ular dan kandang kelelawar hitam (kalong), jalak bali dan jika ada pengunjung yang ingin memegang, makan pengelola akan membuka kandang dan mempersilahkan pengunjung untuk memegang.

penyu 2

 

Oh iya, di tempat ini setiap pengunjung atau rombongan akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan menceritakan dan memandu pengunjung yang datang ke pulau penyu ini. Setelah berkeliling di dalam pulau, sayapun bergerak ke arah pintu keluar. Di dekat pintu keluar saya melihat toko souvenir yang menjajakan kerajinan dari penduduk sekitar serta warung kelapa yang dapat dipesan oleh pengunjung sambil duduk – duduk beristirahat di tempat peristirahatan yang menyatu dengan toko souvenir. Sayapun juga memesan kelapa muda sambil duduk – duduk di tempat peristirahatan ditemani oleh bapak pemandu.

penyu 3

Puas berkeliling pulau penyu, sayapun kemudian kembali ke dermaga untuk menemui bapak pengemudi perahu yang sudah menunggu kami untuk kembali ke tanjung benoa.

Sampai jumpa lagi penyu – penyu lucu, cepat tumbuhlah besar dan isilah lautan dengan tingkah laku lucumu ya……

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s