Catatan 12 : Zangrandi, si jadoel yang tetap eksis..

Kalo di Jakarta punya es krim legendaris Ragusa, di Malang & Semarang punya es krim OEN, Nah di Surabaya punya es krim Zangrandi.

Nah, sekarang langkah saya sudah sampai di toko es krim yang tertua di kota Surabaya. Namanya Zangrandi. Zangrandi adalah toko es krim tertua di Surabaya karena sudah berdiri sejak 1930.  Pendirinya adalah seorang Italiano bernama Renato Zangrandi. Tadinya saya tidak berencana mengunjungi tempat ini, tapi karena didesak oleh perasaan penasaran serta rekomendasi dari teman saya, akhirnya saya memutuskan untuk datang ke tempat ini.

Letaknya ada di Jalan Yos Sudarso No 15, gak jauh dari gedung Balai Pemuda Surabaya yang berarsitektur lawas itu. Gak cuma jago meracik es krim, tampaknya insting bisnis Bapak Renato juga ciamik. Dipilihnya lokasi yang strategis, di seberang gedung yang sekarang bernama Balai Pemuda. Nah, dulu gedung itu adalah tempat ’ajeb-ajeb’ para meneer Belanda. Nah, jadi sebelum atau sesudah party, para sinyo dan noni Belanda itu mampir dulu ke toko es krim Zangrandi. (Hmmm… pandai juga Bapak yang satu ini).

Sesampainya saya di depan tempat ini, saya langsung terfokus pada bentuk bangunannya yang sangat otentik lawas dan orisinal. Deretan bangku rotan tua berwarna paduan  merah dan putih yang tersusun rapi membuat nuansa jadul terasa sangat kental di tempat ini. Meskipun es krim jadul, namun citarasa Zangrandi ini mampu memikat pelanggannya. Kalo anda pergi ke beberapa Mall atau Plaza di Surabaya, tidak sedikit terdapat outlet-outlet es krim ini disana. Ini menunjukkan bahwa es krim ini sampai sekarang masih mendapatkan tempat tersendiri di hati para pelanggannya.

Saat itu, saya datang sekitar jam 19.30. Suasana malam kota Surabaya menambah rasa penasaran saya untuk menjelajah di resto es krim ini. Setelah saya bertanya sebentar pada mbak-mbak yang menjual es krim di Zangrandi, kemudian saya di berikan buku menu. Pada halaman pertama buku menu terdapat gambar Zangrandi di masa lampau. Disini tertulis bahwa Zangrandi telah ada sejak tahun 1930. Wah, berarti tempat ini sudah berdiri sejak masih dalam penjajahan Belanda. Cukup tua juga es krim ini, sebab saat ini umurnya sudah hampir 70 tahun.
Harga ice cream mulai dari Rp 9.000,- untuk es krim horn (cone ditambah 1 scope es krim) sampai Rp 20.000,-. Ternyata, tidak hanya es krim, kita juga bisa memilih makanan ringan seperti risoles, kroket, pastel tutup, lumpia goreng, siomay ataupun French fries.

Pada bagian minuman di buku menu tertulis beberapa jenis minuman mulai dari air mineral, soft drink , jus buah, dan milkshake. Minuman disini ditawarkan dari harga Rp 1.000,- untuk air mineral sampai Rp 18.000,- untuk milkshake . Pada halaman terakhir buku menu ditawarkan pula berbagai ice cream tart berukuran mulai dari ukuran 16 cm, 21 cm dan 24 cm.

Namun karena saya bukan pecinta es krim, maka saya tidak akan banyak memberikan rekomendasi ice cream flavor yang ada di tempat ini. Yang pasti, es krim jagoan di tempat ini adalah  es krim Tutti Frutti. Bentuknya seperti es potong, tapi segitiga.  Ada rasa coklat, mocca, vanilla terus didalamnya ada potongan-potongan kecil manisan kulit buah jeruk atau yang biasa dikenal dengan istilah zucade. Selain Tutti Fruti, hidangan yang juga terkenal sejak jaman dulu adalah Es Krim Soda, scoop es krim dengan aneka pilihan rasa yang dicampur dengan air soda terasa segar sebagai pengusir gerahnya Surabaya. Selain itu masih ada es krim banana split, noodle ice cream dan crispy basket yang layak dicoba. Buat yang ga doyan es krim, ada snack juga kok, seperti siomay, pastel, kroket dan resoles.

Walaupun es krim gaya Italia, tapi tekstur es krim Zangrandi sangat jauh berbeda dengan tekstur es krim Italia yang sekarang sedang in seperti Gelato yang bertekstur lembut karena mengandung lebih banyak krim susu. Es krim Zangrandi lebih mirip Casata yang bertekstur lebih keras dan tidak selembut Gelato. Tetapi walaupun tidak bertekstur lembut bukan berarti es krim Zangrandi tidak enak. Justru kekhasan tekstur dan rasa yang old style yang ada di Zangrandi inilah yang  rasanya sulit untuk bisa ditandingi oleh tempat es krim manapun yang ada di kota Surabaya ini.

Puas sejenak mampir di tempat ini, akhirnya sayapun kembali pulang.

Es Krim Zangrandi seporsi besar nostalgia, sesendok otentisitas dan bumbu kejadoelan dari masa lampau…  untuk kita nikmati di hari ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s