Catatan 7 : Berkeliling di sekitar kawah Ciwidey…

Kali ini saya berkesempatan melihat-lihat kawah putih di daerah Ciwidey, Daerah Selatan Bandung tepatnya terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang.

Pertama saat langkah saya memasuki kawasan Kawah Putih ini, saya melihat banyak pepohonan yang seakan memandu langkah saya dari gerbang depan hingga naik ke atas, ke tempat dimana Kawah putih berada.

Cuaca yang cukup sejuk memang menjadi suasana khas daerah dataran tinggi. Memang Ciwidey ini merupakan daerah dataran tinggi yang dikenal sebagai salah satu objek wisata di sekitaran Bandung. Selain Kawah Putih di daerah ini juga terkenal dengan wisata petik di kebun strawberry yang banyak terdapat di daerah ini. Selain itu juga t sebagaimana daerah dataran tinggi, disini juga terdapat perkebunan teh.

Namun kali ini saya akan mencoba bercerita tentang perjalanan langkah saya menyusuri daerah Kawah Putih Ciwidey..

Setelah masuk melalui pintu gerbang saya melihat banyak pohon yang menghiasi sepanjang jalan keatas menuju kawah ini. Rindangnya pepohonan menambah nuansa segar hawa pegunungan menjadi semakin terasa. Setelah beberapa menit tibalah saya di tempat parkir kawasan wisata ini. Agak sedikit berjalan maka akhirnya saya menemukan tangga yang menghubungkan ke kawah putih.

Tangga demi tangga saya tempuh. memang lokasi Kawah putih ini terletak agak di bawah tempat parkir kendaraan. melewati tangga sebelum sampai di kawah putih, saya melihat ada sebuah gua yang kini sudah ditutup. entah dahulu merupakan gua tambang atau tidak, sayapun kurang tahu.

Yang saya lihat adalah tulisan yang kurang lebih memberi peringatan untuk tidak berdiri terlalu lama di mulut gua itu.  Mungkin gas belerang yang ada di dalam gua itu yang menjadi alasan mengapa tulisan itu ditaruh di mulut gua tersebut. Jaga – jaga agar tidak ada pengunjung yang terkena dampak dari gas belerang yang terdapat di dalamnya mungkin yang menjadi alasan pengelola memberi peringatan tersebut.

kawah putih

mulut gua

Aroma Gas belerang langsung menusuk penciuman saya, warna kawah yang berwarna putih kehijauan langsung terlihat di penglihatan saya.  Menurut info yang saya dapat Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha . Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat, yang dalam Bahasa Sunda bermakna surut. Nah Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi beberapa abad Silam.

bukit sekitar Kawah Putih

Keindahan danau Kawah Putih Ciwidey ini baru terungkap pada sekitar tahun 1837 oleh seorang peneliti botanis Belanda kelahiran Jerman yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang melakukan penelitian di kawasan ini.

Konon dahulu oleh masyarakat setempat, daerah Kawah Putih ini dikenal sebagai daerah angker. jangankan masyarakat, konon cerita burung pun akan mati jika memasuki daerah ini.

Namun sebagai seorang peneliti Junghuhn tentunya tidak percaya begitu saja, setelah beliau menemukan daerah ini serta menelitinya barulah terungkap bahwa sebagai daerah  kawah gunung, dari dalam danaunya ini keluar semburan aliran lava belerang beserta gas dan baunya yang menusuk hidung. Jadi bukan karena keangkeran tempat ini. melainkan karena kandungan gas belerang yang sangat tinggi yang menyebabkan hewan banyak yang mati jika memasuki daerah danau kawah ini.

Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Menurut cerita yang saya dengar dari masyarakat sekitar Air di danau kawahnya  dapat berubah warna. kadangkala airnya berwarna hijau apel kebiru-biruan bila terik matahari dan cuaca terang. Namun terkadang pula berwarna coklat susu. Paling sering terlihat airnya berwarna putih. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih, oleh karena itu kawah tersebut dinamakan Kawah Putih.

Wah, senang rasanya langkah saya dapat sampai di tempat ini. Walaupun bau gas belerang menyegat di penciuman saya. Namun keindahan Kawah Putih yang dikelilingi perbukitan elok nan hijau membuat mata saya terhibur dengan keindahan alam yang merupakan Anugerah dari Tuhan.

Kawah Putih Ciwidey, keelokan alam di Selatan Bandung..

Keelokanmu putih seputih warna Kawahmu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s